Review E-Commerce (Steam)

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Hello Guys, bertemu lagi dengan saya Salman Fauzan di postingan terbaru ini. Kali ini kita engga ngoding dulu guys, kali ini saya hanya akan review seputar website E-Commerce. Bagi kalian yang suka bermain game, saya akan mereview website Steam sebagai contoh website E-Commerce. Kalian dapat mengunjunginya disini.

1. Pengertian E-Commerce

Perdagangan elektronik (electronic commerce atau e-commerce) adalah penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran barang dan jasa yang mengandalkan sistem elektronik, seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya.
E-commerce melibatkan transfer dana dan pertukaran data elektronik, sistem manajemen dan pengumpulan data secara otomatis. E-commerce adalah salah satu bisnis yang paling sering digeluti oleh masyarakat di Indonesia karena memberikan keuntungan yang menjanjikan.
2. Site Map
Sitemap adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Untuk yang lebih simplenya, site map itu bisa dibilang pengenalan fitur-fitur website yang terperinci dan digambarkan menggunakan diagram untuk mempermudah pengenalan fitur-fitur.
3. Fungsi Menu
Dari site map diatas, kita telah mendapatkan sedikit gambaran apa saja yang akan ditampilan dalam websitenya, nah ditampilan awal website store steam telah menampilkan Game-Game yang sedang diskon atau rekomendasi untuk dibeli, jika kita ingin mencari game kita dapat menggunakan fiture search dengan mengetikan key word nama game. Jika kita ingin mencari game rekomendasi berdesarkan Genre, kita dapat mencarinya di fitur game dan memilih genre yang tersedia disana, website store steam tidak hanya menjual game saja, website ini juga ikut menjual berbagai jenis Hardware dan Software maupun Video. 
4.Kemudahan Pengguna
Karena website ini adalah website International, tentu saja pengakses website ini disuguhkan dengan fitur-fitur yang terperinci dan sangat mudah untuk dipahami jika digunakan untuk seseorang yang baru pertama kali mengunjungi website E-Commerce seperti store steam. Selain membeli game / item, kita juga dapat menjual item in-game dengan menggunakan fitur Community salah satunya adalah market, ataupun menghubungi Customer Service dengan menggunakan fitur Support
5. Saran / Kritik
Jika kita scroll websitenya kebawah lebih lanjut, meskipun tampilan awal websitenya full, namun pada saat di scroll kebawah ketika bagian menu sebelah kiri website telah habis maka tampilan kebawahnya membuat banyak space halaman yang tidak terpakai, ataupun terkadang website ini suka down / sulit untuk diakses pada waktu tertentu dan juga kita harus memiliki akun steam terlebih dahulu untuk melakukan transaksi di website ini, tetapi disisi lainnya website ini menjamin keamanan dalam bertransaki baik dengan sesama player maupun bukan.
Nah selesai sudah review saya mengenai website E-Commerce steam, apakah kalian tertarik untuk membeli atau menjual game / item di website ini? Kita akhiri saja pembahasan kita kali ini, mohon maaf bila ada kesalahan kata ataupun pengetikan. See you next!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Komentar