Praktikum Sesi 4

Assalamu'alaikum wr. wb.

Yosh, bertemu kembali dengan saya Salman Fauzan di postingan terbaru ini. Kali ini kita akan belajar yang lebih sulit, yaitu Program Looping. Looping adalah pengulangan sesuatu atau serangkaian “kerja” dari program, yang berarti kalian tidak perlu berulang kali meng-run programnya karena di program ini kalian hanya tinggal memilih Y/N untuk melanjutkan program atau mengakhirinya.

Kali ini saya menggunakan Do-While pada program looping kali ini. Do-While adalah program pengulangan yang akan terus menerus berlanjut apabila kondisi benar, jika kondisi salah maka Do-While akan otomatis mengakhiri program tersebut. Do-While sendiri memiliki beberapa bentuk tahapan tersendiri, yaitu :
Inisialisasi
Do{
:
<Aksi>
:
<Change-Kondisi>
While <Kondisi>

1. Operasi Bilangan Absolute
Nah, ini codingannya. Ada yang baru kan??
Dari hasil codingan diatas, ini dia programnya setelah di run. Nah, kalian hanya tinggal mengetikan Y/N untuk melanjutkan atau memberhentikan program.


2. Operasi Discount
Nah ini dia cocok buat yang suka belanja terus, program ini bisa mempermudah untuk menghitung transaksi yang mendapatkan discount apabila  Total Pembelian nya lebih dari Rp 100.000 dan akan otomatis diberi discount sebesar 5%. Ini dia codingan nya :
Jika kalian ingin mengubah minimal harga yang akan diberi discount kalian hanya perlu mengubah rumus di bawah ini :
(TotalPembelian >= 100000){
    Discount = TotalPembelian*5/100;
}else{
    Discount = 0;
}
Ubah Minimal Total Pembelian sesuai yang kalian inginkan
Ubah Rumus Total Pembelian untuk mengubah discount yang akan diberikan

Hasilnya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, ini membuktikan bahwa kalian mendapatkan discount sebesar 5% dari Rp. 100.000

3. Operasi Menghitung Gaji
Program ini sangat berguna bagi kalian yang ingin menghitung gaji yang kalian dapatkan dari pekerjaan / karyawan kalian. Ini dia codingan nya :
Di codingan kali ini, akan otomatis menghitung Tunjangan sebesar 20% dari Gaji Pokok, Pajak sebesar 15% dari Gaji Pokok, dan Sisa Gaji yang telah dijumlahkan Tunjangan dan dikurangi Pajak. Apabila kalian ingin mengubah Tunjangan dan Pajak yang ingin dihitung, kalian hanya perlu merubah rumus Tunjangan dan Pajaknya saja.
Ini dia programnya setelah saya run, cukup mudah bukan untuk mempermudah perhitungan Gaji yang kalian dapatkan.

4. Operasi Menghitung Lama Proyek
Bagi kalian yang memiliki Proyek / Tugas yang ingin kalian kerjakan dalam jangka waktu lama kalian dapat menggunakan program seperti ini :
Program ini otomatis menghitung lama proyek dalam satuan hari, dan otomatis meng convert nya menjadi satuan tahun bulan dan hari


Disini sayang memasukan Lama Proyek nya selama 600 hari, dan program membuktikan bahwa 600 hari itu sama dengan 1 Tahun 7 Bulan dan 25 Hari.

Cukup sampai disini saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. See You Next Time!!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Komentar