Praktikum Sesi 5

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yosh,, bertemu kembali dengan saya Salman Fauzan di postingan baru ini. Kali ini kita akan belajar membuat program yang simple dan pastinya dapat memudahkan kegiatan kita sehari-hari,, tanpa basa basi lagi kita mulai pelajarannya.

1. Menukar Bilangan Part 1
Pertama kita akan membahas tentang bagaimana cara menukar bilangan menggunakan variable bantu, ini dia codingannya :
 Setelah melihat codingan diatas, Z berperan sebagai variable bantu untuk menukar bilangan X dan Y. Pertama Z akan berubah nilainya menjadi X, kemudian nilai X akan berubah menjadi nilai Y, dan nilai Y akan berubah menjadi nilai Z yang telah menjadi nilai X. Hasilnya akan menjadi sebagai berikut :
 Hasilnya, nilai X akan berubah menjadi nilai Y, dan nilai Y akan berubah menjadi nilai X.

2. Menukar Bilangan Part 2
Disini kita akan belajar cara menukar bilangan menggunakan rumus yang telah disediakan. Jadi nanti hasilnya akan seperti ini :
Saya akan memasukan nilai O = 96 dan P = 24, ini dia hasil penghitungan rumusnya,
O = 96 + 24 = 120, O akan berubah menjadi 120,
P = 120 - 24 = 96, Nilai O sebelumnya menjadi 120 karena nilainya berubah menjadi nilai setelah perhitungan, kemudian nilai P sekarang menjadi 96
O = 120 - 96 = 24, Nilai O dikurangi dengan nilai P yang baru sehingga menjadi 24
 Nah ini dia tampilan programnya setelah di RUN,
 Hasilnya nilai O akan berubah menjadi nilai P setelah dihitung menggunakan rumus diatas.

3. Menghitung Waktu Telepon / Konversi Waktu
Kalian semua pasti memiliki smartphone kan? Dan pasti pernah menelepon / menerima telepon dari seseorang. Nah sekarang saya akan menjelaskan membuat bagaimana cara mengkonversi waktu telepon dari detik menadji menit dan jam. Ini dia Codingannya :
Dari Codingan diatas, kalian hanya perlu meng-input lama waktu meneleponnya kemudian komputer akan mengkonversi waktu nya menjadi satuan detik, menit dan jam dengan rumus yang tertera diatas.

 Disini saya memasukan lama waktu meneleponnya sebanyak 3900 detik, kemudian komputer mengkonversinya menjadi satuan waktu jam, menit dan detik menjadi 1 Jam 5 Menit 0 Detik.

4.Seleksi Bilangan
Di pelajaran ngoding kita kali ini, kita akan belajar tentang menyeleksi bilangan yang termasuk bilangan positif / negatif. Kali ini kita akan menggunakan operator if else untuk memudahkan dalam penyeleksian bilangan. Nah ini dia Codingannya :
Dari Codingan diatas, komputer akan otomatis menentukan bilangan itu termasuk positif apabila lebih besar / sama dengan 0, dan menentukan sebagai bilangan negatif bila alebih kecil dari 0.
Bisa lihat pada gambar dibawah ini akan tampak seperti ini :

Saya memasukan bilangan 123,-123 dan 0 untuk membuktikan bahwa 123 adalah bilangan positif, -123 bilangan negatif, dan 0 bilangan positif / netral.

Cukup sampai disini saja postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. See you Next Time !!!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Komentar