Praktikum Sesi 6

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yosh,, bertemu kembali dengan saya Salman Fauzan di postingan baru ini. Kali ini kita akan belajar membuat program yang simple dan pastinya dapat memudahkan kegiatan kita sehari-hari,, tanpa basa basi lagi kita mulai pelajarannya.

1. Menentukan Bilangan Terkecil
Pertama, kita akan membuat program untuk Menentukan Bilangan Terkecil. Ini dia codingannya :
Setelah kita memasukan rumus yang tertera diatas, kita hanya perlu meng-inputkan nilai pada masing masing bilangan kemudia komputer akan menghitungnya.

Hasilnya akan terlihat seperti gambar diatas ini, saya membuktikan bahwa A adalah bilangan terkecil dari B dan C, begitu pula jika kita ingin menentukan bahwa bilangan B dan C termasuk bilangan terkecil.

2.Menentukan Bilangan Terbesar
Seperti halnya kita Menentukan Bilangan Terkecil, Rumusnya pun tidak jauh berbeda kita hanya perlu mengganti Simbol (<) Lebih Kecil dengan simbol (>) Lebih Besar. Ini Dia Codingannya :
 Tidak jauh berbeda bukan dengan Menentukan Bilangan Terkecil ? Nah ini dia hasil programnya :
Hasilnya akan seperti gambar diatas, dan telah terbukti ketika saya memasukan Nilai A = 3 B = 2 C = 1, bahwa A merupakan bilangan Terbesar dari ketiga bilangan tersebut.

3. Menentukan Bilangan Ganjil Genap
Dipostingan sebelumnya, kita telah mempelajari bagaimana cara Menentukan / Menyeleksi Bilangan Positif dan Negatif. Nah, kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara Menentukan / Menyeleksi Bilangan Ganjil Genap. Ini Dia Codingannya :
 Setelah memasukan rumus diatas, apabila Nilai A % 2 hasilnya 0 maka bilangan tersebut merupakan bilangan Genap, dan apabila Nilai A % 2 hasilnya 1 maka bilangan tersebut merupakan bilangan Ganjil. Ini dia hasil programnya :
Kita bebas meng-inputkan angka berapa saja untuk mengisi Nilai A tersebut, karena komputer akan menentukan bilangan tersebut secara otomatis.

4. Menentukan Berat Badan
Program ini mungkin dapat digunakan untuk kalian semua yang bingung untuk mengetahui berapakah berat badan ideal kalian, program ini pasti dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Ini dia codingannya : 
 Disini saya menggunakan switch case untuk membuat program tersebut, karena menurut saya switch case dapat mempermudah dalam pembuatan program ini. Nah bagi kalian yang tidak tahu / belum mengerti tentang switch case, saya akan membahasnya sedikit. Switch Case digunakan untuk membuat pemilihan / percabangan pada suatu program. Ini dia rumus dari Switch Case :
switch (ekspresi) {
      case 1 :
          Statemen / pernyataan / perintah :
          break ;
      case 2 :
          Statemen / pernyataan / perintah :
          break ;
      case N  :
          Statemen / pernyataan / perintah :
          break ;
      default :
          Stateman / pernyataan / perintah tambahan
}
Hasilnya akan seperti gambar diatas ini, rumus antara laki-laki dan perempuan berbeda karena laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan dalam tinggi badan rata rata dan berat badan idealnya.

Cukup sampai disini saja postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. See you Next Time !!!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Komentar