Praktikum Sesi 7

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yosh,, bertemu kembali dengan saya Salman Fauzan di postingan baru ini. Kali ini kita akan belajar membuat program yang simple dan pastinya dapat memudahkan kegiatan kita sehari-hari,, tanpa basa basi lagi kita mulai pelajarannya.

1. Menghitung Hari
Pertama kita akan membuat program untuk Menghitung Hari menggunakan Switch case, masih ingat bukan switch case pada postingan sebelumnya ?? Ini dia codingannya :
Setelah memasukkan codingan diatas, maka hasilnya akan menjadi seperti ini :
 Nah, pada gambar diatas saya memasukan hari Ahad(Minggu) sebagai hari pertama sehingga perhitungan hari akan dimulai dari hari Ahad atau No 1 dalam codingan.

Yang kedua, kita akan mencobanya menggunakan If Else. Meskipun tidak terdapat banyak perbedaan kalian bebas ingin menggunakan perintah Switch Case maupun If Else tergantung selera kalian masing masing. Ini Dia Codingannya :
 Dari codingan diatas hasilnya akan menjadi seperti ini :
 Meskipun kita memakai perintah yang berbeda, namun hasil akhirnya akan sama seperti saat kita menggunakan Switch Case.

2. Menghitung Nilai Kelulusan
Sekarang kita akan membuat program untuk menentukan nilai kelulusan seseorang, ini dia codingannya :
 Dari codingan diatas, maka bisa dilihat bahwa Rata-Rata Nilai untuk mencapai Kelulusan adalah 60 dan apabila ada salah satu nilai yang kurang dari 40 maka kalian akan dinyatakan tidak lulus. Jika kalian ingin mengganti Rata Rata Nilai Kelulusan kalian hanya perlu mengganti Rumusnya saja begitu pula dengan syarat kelulusan nilai kalian tidak boleh kurang dari 40.
Hasil akhirnya akan menjadi seperti gambar diatas, saya menguji program tersebut dengan memasukan Nilai yang diatas Rata Rata, Dibawah Rata Rata dan memasukan 1 nilai yang dibawah nilai minimal. Hasilnya akan tampak seperti gambar diatas.

Sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penyampaian / pengetikan. See You !!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Komentar