Format Text Dalam HTML (Pertemuan 3)

Assalamu'alaikum Wr, Wb,

Hello guys, bertemu lagi dengan saya Salman Fauzan dipostingan terbaru ini. Kali ini kita akan melanjutkan pembahasan yang kemarin, yaitu tentang berbagai macam tag yang terdapat pada HTML, saya akan membahas beberapa Tag HTML yang lainnya pada kesempatan kali ini. Kita mulai saja pembahasan kita sekarang.

1.Format Text

Sama seperti Blogger ataupun Microsoft Word, format Text pada file HTML pun tentu diubah dimulai dari tag Bold <b> untuk menebalkan tulisan , kemudian tag Strong <strong> untuk menebalkan tulisan juga, selanjutnya ada tag Emphasize <em> dan tag Italic <i> untuk memiringkan tulisan, tag Big <big> untuk memperbesar tulisan, dan tag SubScript <sub> dan tag SuperScript <Sup> yang biasa digunakan untuk penulisan rumus rumus.

2. Pre Format

Tag <pre> digunakan untuk membuat ukuran Text yang sama, meskipun font yang terdapat diluar tag Pre diganti dengan font yang lain, font yang terdapat pada tag Pre akan menyamakan ukuran dan Style nya agar lebih mudah dibaca. Tag pre sangat cocok digunakan untuk membuat Daftar Harga dan Menu.
3. Pre Format 2

Tag <pre> berguna untuk menampilkan tulisan apa adanya, jika menggunakan tag <pre> ini linebreak yang digunakan akan sesuai dengan linebreak pada saat proses pengetikan. Tag <pre> ini sangat cocok digunakan untuk menampilkan code - code pemprograman atau bahasa bahasa program karena keterbacaan nya lebih baik dibandingkan text yang tidak menggunakan tag <pre>
4. Quotation

Tag <blockquote> digunakan untuk membuat text yang menjorok kedalam, pada saat membuat paragraf pasti ada 1 baris kalimat yang ditulis tampak lebih menjorok kedalam dibanding kalimat lainnya, nah untuk membuat text yang seperti itu dapat menggunakan Tag ini.

5. Mengganti Background dan Font Style

Untuk mengganti Background pada html kalian hanya perlu menambahkan format bgcolor = "WarnaBackground" pada tag Body <body> yang dituliskan menjadi seperti ini <body bgcolor = "WarnaBackground" > , untuk mengganti Style dari Font kalian dapat menggunakan tag <font face = "Jenis Font" color "WarnaFont">, untuk memberi jeda / space / garis baru kalian dapat menggunakan tag Break <br> diawal atau diakhir kalimat yang akan kalian beri jeda.
6. Marked Formatting dan Del
Apabila kalian ingin membuat suatu kalimat / tulisan ditandai kalian dapat menggunakan tag Mark <mark> pada kalimat / tulisan yang akan ditandai. Apabila kalian ingin membuat suatu kalimat / tulisan garis tengah / mencoret text kalian dapat menggunakan tag Del <del>
7. Text Gabungan
Setelah membahas tentang beberapa Tag HTML diatas, sekarang saya akan mencoba membuat sebuah File HTML yang berisi tentang beberapa gabungan tag HTML yang telah kita bahas diatas. Saya menyarankan untuk pemilihan gambar pastikan formatnya beruba .png agar gambar yang kalian upload atau letakan pada file HTMLtersebut memiliki background transparan yang apabila ketika kalian ingin mengganti warna background file tersebut tidak perlu mengubah gambar kembali karena akan menyesuaikan dengan sendirinya, 
Cukup sampai disini dulu ya guys pembahasan kita kali ini, semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian. See you next guys,,!!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Komentar