Format Text Area Dalam HTML (Peretmuan 8)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hello Guys, bertemu lagi dengan saya Salman Fauzan di postingan terbaru ini. Kali ini kita masih akan melanjutkan pembahasan seputar html, namun kali ini pasti akan lebih menarik karena kita pembahasan kita kali ini kita akan membuat tampilan sebuah web registrasi yang dapat meng-upload sebuah file/foto. Langsung aja kita mulai pembahasan kta kali ini.

1. Text Area
Text Area adalah sebuah tag yang digunakan untuk menampilkan sebuah kolom yang berisikan "Commentar" atau hal-hal penting yang ingin disampaikan, yang dapat memudahkan kita untuk meng-copy seluruh text yang berada dalam Text Area tersebut.
  • Text Area Editable
Text Area Editable adalah sebuah Text Area yang isinya dapat dirubah oleh siapa pun dan juga dapat di-copy. Untuk contohnya kalian dapat melihat codingan dibawah ini :
Hasilnya akan menjadi seperti ini :
Kalian juga dapat mengatur ukuran Text Area nya sesuai selera kalian masing-masing dengan cara mengganti jumlah Cols / Rows pada codingannya atau juga kalian dapat mengaturnya dengan cara menarik ujung kanan bawah text area sesuai selera kalian masing-masing. Untuk contoh ukuran dari Text Area dapat dilihat dari codingan dibawah ini :

Hasilnya pun tidak jauh beda dengan yang pertama, hanya saja ukurannya yang berbeda,. Oh ya saya juga menggunakan Text area untuk menampilkan codingan ini. Hasilnya akan menjadi seperti ini :
  • Text Area Read Only
Text Area Read Only adalah sebuah Text Area yang isinya tidak dapat diubah oleh siapapun kecuali pemiliknya, terdapat 2 jenis Text Area Read Only, yang pertama adalah Text Area Red Only yang dapat di-copy dan yang kedua adalah Text Area yang tidak dapat di-copy. Untuk lebih jelasnya kalian dapat melihat codingan dibawah ini :




Untuk hasilnya tidak jauh berbeda dengan Text Area Editable. Oh ya Guys, kita tidak dapat membuat Text Area dalam Text Area, sebagai contohnya adalah Codingan Text Area ini, oleh karena itu saya menambahkan satu kata didalam Tag penutup codingan Text Area diatas agar dapat menampilkan seluruh codingannya. Hasilnya akan menjadi seperti ini :


2. Pembuatan Menu Username Password
Kita juga dapat membuat Menu yang dapat kita inputkan sendiri salah satu nya adalah Menu untuk meng-input Username dan Password. Untuk password apabila ingin dibatasi batas max penginputannya kalian dapat mengubah nya dalam maxlength yang terdapat dalam Tag <form> tersebut, apabila tidak akan membatasi jumlah inputan kalian dapat menghapus Attribute maxlength tersebut. Untuk lebih jelas kalian dapat melihat codingan dibawah ini :



Untuk hasilnya kalian dapat melihat gambar dibawah ini :

Kita juga dapat menggabungkan keduanya menjadi sebuah format seperti contoh codingan ini :

Hasilnya akan menjadi Kolom dengan format yang dapat kita isi sesuai nama kolom yang tersedia. Type hidden digunakan untuk menyembunyikan suatu kalimat, Attribute value digunakan untuk menampilkan sebuah isian, dalam codingan diatas apabila kita menambahkan Type hidden dan Attribute value maka hasilnya akan menampilkan sebuah kalimat yang otomatis tertera dalam kolom tersebut, tetapi kita juga dapat merubahnya  jika tidak sesuai keinginan kita. Type submit digunakan untuk membuat tombol submit. Untuk lebih jelasnya kalian dapat melihat gambar dibawah ini :
3. Menampilkan / Memasukan File
Kita juga dapat men-upload sebuah gambar kedalam web kita, caranya dengan nenambahkan Attribute type = "file" untuk memunculkan menu Choose File, name = "pic" untuk menampilkan nama gambar sesudah dipilih, accept = "image/*" mencari file dengan format default image. Untuk lebih jelas kalian dapat melihat codingan dibawah ini :

Hasilnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
4. Membuat Menu Pilihan
Kalian juga dapat menambahkan beberapa Pilihan kedalam kalimat yang dibuat, Untuk menambahkan pilihan kalian dapat menggunakan Attribute type = "radio" untuk menambahkan pilihan yang hanya bisa memilih satu pilihan saja, type = "checkbox" untuk menambahkan pilihan yang dapat memilih beberapa pilihan, atau juga pilihan yang terdapat berbagai pilihan tetapi hanya dapat memilih satu pilihan saja dengan menggunakan Tag <option> dan Attribute Value. Untuk lebih jelasnya kalian dapat melihat codingan dibawah ini :
  • Radio Button


Hasilnya yang pertama adalah penggunaan pilihan yang hanya dapat memilih satu pilihan saja, kalian dapat melihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya :

  • Check Box & Image Button


Hasilnya yang kedua adalah penggunaan pilihan yang dapat memilih beberapa pilihan yang terdapat dalam menu pilihan, untuk lebih jelasnya kalian dapat melihat gambar dibawah ini :

  • Option Value & Data List


Hasil yang ketiga adalah  penggunaan pilihan yang menyediakan beberapa pilihan yang hanya dapat memilih satu pilihan saja. Untuk lebih jelasnya kalian dapat melihat gambar dibawah ini :

Kalian juga dapat membuat Form Registrasi dengan menggunakan Attribute yang telah dijelaskan diatas, sebagai contoh saya akan membuat Form Registrasi yang menggunakan Attribute diatas. Kalian dapat melihat codingan dibawah ini :

Hasilnya kalian dapat melihat Form Registrasi yang telah saya isi pada gambar dibawah ini :
Sampai disini dulu ya Guys pembahasan kita kali ini. Mohon maaf bila ada kesalahan pada penyampaian maupun pengetikan. See you Next!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Komentar