Format Form Dalam CSS (Pertemuan 11)


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hello Guys, bertemu lagi dengan saya Salman Fauzan di postingan terbaru ini. Sekarang kita masih membahas seputar CSS, tentu saja menggunakan tag-tag yang telah dipelajari dalam materi-materi sebelumnya hanya saja menggunakan CSS untuk memperbagus tampilannya. Langsung saja kita mulai pembahasan kita kali ini.

1. CSS on Form
Dalam CSS, kita dapat menggunakan beberapa jenis pengaturan pada form, ada beberapa jenis pengaturan yang dapat kita gunakan pada form dengan menggunakan CSS. Kali ini saya menggunakan External CSS.
  • Mengubah Background Form
Kita dapat mewarnai background dari form yang kita buat tersebut. Contohnya adalah seperti ini :




Hasilnya akan menjadi seperti ini :
  • Mengubah Background Field
Kita dapat mewarnai background dari field yang kita buat tersebut. Contohnya adalah seperti ini :



Hasilnya akan menjadi seperti ini :
  • Menambahkan Border dalam Form
Tentu saja kita dapat menambahkan border untuk memperbagus tampilan dari sebuah form yang kita buat. Contohnya adalah seperti ini :




Hasilnya akan menjadi seperti ini :

2. CSS on Button
Kita juga dapat mengubah tampilan dari tombol (button) yang kita buat untuk melakukan Submit setelah kita mengisi sebuah form. Contohnya adalah seperti ini :




Hasilnya akan menjadi seperti ini :
  • Hover
Apabila pada contoh yang pertama, ketika cursor kita mengarah pada tombol tidak akan terjadi apa-apa, namun apabila kita menambahkan attribute :hover pada css buttonnya maka tampilan dari button itu akan berubah. Contohnya adalah seperti ini:




Hasilnya akan menjadi seperti ini :
  • Radio Button
Kita juga dapat menggunakan CSS pada Radio Button, penggunaannya tidak jauh berbeda dengan mengatur pada bagian isi, hanya saja penempatan CSS nya hanya fokus didalam Radio Button. Contohnya adalah seperti ini :




Hasilnya akan menjadi seperti ini :
Sekarang saya akan membuat sebuah web yang berisi tentang Form Pendaftaran dengan menggunakan gabungan dari codingan yang telah digunakan dimateri diatas. Contohnya adalah seperti ini :




Hasilnya akan menjadi seperti ini :

Hover juga dapat digunakan untuk membuat Navigasi Bar / Tampilan Menu pada sebuah web, tentu kita juga harus membuatnya ter-link /tersambung dengan beberapa codingan untuk tampilan pada setiap menunya. Contohnya adalah seperti ini :
  • Menu Pertama / Info

Hasilnya akan menjadi seperti ini :

Nah, tampilan sebuah web tidak harus selalu menggunakan tulisan / text, penggunaan gambar juga dapat memudahkan dalam proses pembuatan sebuah websitenya, tetapi kalian harus membuat gambar nya terlebih dahulu menggunakan photoshop, gambar diatas saya mengambil dari sebuah website tentang sebuah League / Tournament se SMK/SMA yang akan diadakan dalam beberapa bulan mendatang.
  • Menu Kedua / Registrasi


Hasilnya akan menjadi seperti ini :
Ketika kita akan membuat beberapa tampilan menu, kita juga harus turut menyertakan codingan yang membuat Navigasi Bar / Menu tersebut dalam setiap codingan menu yang akan kita buat, nah untuk Menu Kedua saya membuat Form Registrasi untuk pendaftaran League / Tournament tersebut.

Jangan lupa codingan CSSnya gan :


Sampai disini dulu ya Guys pembahasan kita kali ini. Mohon maaf bila ada kesalahan pada penyampaian maupun pengetikan. See you Next!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Komentar