Pengulangan Dan Function Dalam Javascript (Pertemuan 15)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hello Guys, bertemu lagi dengan saya Salman Fauzan di postingan terbaru ini. Pembahasan kita kali ini masih seputar Javascript. Sekarang, kita akan membahas mengenai pengulangan dan penggunaan function didalam Javascript. Langsung saja kita mulai pembahasan kali ini.

1.For
Bentuk Umum Looping For :
for(inisialisasi;kondisi;pengubah){
baris program1;
baris program2;
...
}
Penggunaan Looping for sangat dianjurkan karena inisialisasi, kondisi, pengubah berada didefinisikan secara bersamaan diawal program.

Contoh 1 :



Pada contoh pertama ini, for digunakan untuk mengulang pemanggilan array person sehingga isi dari array person tersebut diketik secara berulang kali.

Contoh 2 :



Pada contoh kedua, for digunakan hanya untuk mengulang sebanyak 5 kali yang pengulangannya dimulai dari 1 yang kemudia mengetik hasil pengulangan tersebut sehingga tampil tulisan "Inilah perulangan for" sebanyak 5 kali.

2.While
Bentuk untuk Looping While :
while(kondisi) {
kode program yang akan dijalankan berkali kali;
}

Contoh Looping While :



Pada contoh diatas, while digunakan untuk mengulang kata "Ini adalah pengulangan while" sebanyak kondisi yang ditentukan (X < 5) yang dimulai dari (X = 0).

3.Do While
Bentuk Untuk Do Whilte :
do {
kode program yang akan dijalan berkali kali;
}
while(kondisi);
Penggunaan Do-While akan otomatis mengulang 1 kali meskipun kondisi salah.

Contoh Looping Do While :



Pada contoh diatas, pada dasarnya do telah menjalankan kondisi pertama kali kemudian while (X < 5) mengulangnya sebanyak sisa nya, karena (X < 5) maka pengulangan yang terjadi hanyalah 4 kali.

Contoh Looping Campuran :



Contoh diatas adalah penggabungan dari beberapa pengulangan yang dapat dikategorikan cukup unik karena hanya dapat dilakukan di javascript saja, apabila didalam bahasa program yang lain nya mungkin akan terjadi error ketika kita memasukan pengulangan do while  didalam for.

4.Function
Fungsi adalah suatu mekanisme yang digunakan untuk mengelompokan program dalam menyelesaikan suatu kasus, proses atau rumus aritmatika. Penggunaan function ini dapat memudahkan proses dalam pemprograman, karena kita hanya harus memanggil nama parameternya saja. Setiap function tidak dapat memiliki satu atau lebih parameter. Kita juga dapat menggunakan return untuk menampilkan nilai hasil pada aritmatika.

Contoh Function + Return :




Pada contoh diatas, function diatas Rumus Luas Alas dan Volume disimpan didalam function yang yang nantinya akan dipanggil kembali. Setelah dihitung didalam function, hasilnya akan dimasukan kedalam return yang nantinya akan ditampilkan sebagai hasil,

Contoh Function without Return :




Pafa contoh diatas, function hanya digunakan untuk memanggil alert yang berada dalam function tersebut kemudian memanggil nama yang diinputkan.

Contoh Function Pemanggilan Char :



Pada contoh diatas, function digunakan untuk mencari satu karakter yang terdapat dalam kalimat tersebut.

Contoh Function Index Of :



Pada contoh diatas, function digunakan untuk mencari Bandung dengan menggunakan index.

Cukup sampai disini dulu ya Guys pembahasan kita kali ini. Mohon maaf bila ada kesalah dalam pengetikan maupun penjelasan. See you next Guys!.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Komentar