Object Dan User Interface Dalam Javascript (Pertemuan 16)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hello Guys, bertemu lagi dengan saya Salman Fauzan di postingan terbaru ini. Pembahasan kita kali ini masih seputar Javascript. Sekarang, kita akan membahas mengenai Object dan penggunaan User Interface didalam Javascript. Langsung saja kita mulai pembahasan kali ini.

1. Interface Text Box to Alert
Pada penggunaan interface yang pertama ini adalah dengan menggunakan Text Box, jadi ketika kita meng-input sebuah kalimat kedalam Text Box, maka Text Box tersebut akan menjalankan function sayHalo() yang akan menampilkannya pada alert. Contohnya sebagai berikut :





2. Fungsi Object
Pada penggunaan Fungsi Object ini, kita membuat sebuah variable tersebut menjadi sebuah object, ketika kita menekan Button diatas maka otomatis akan menjalankan function ambilNilai(). Contohnya sebagai berikut :





Adapun Contoh lain penggunaan fungsi Object adalah sebagai berikut :







3. Interface Text Box + Button to Alert
Pada penggunaan ini, tidak jauh berbeda dengan contoh awal, hanya saja disini kita harus menekan Button terlebih dahulu untuk memunculkan alert yang telah berisikan nilai yang di input. Contohnya adalah sebagai berikut :





Selain dengan menggunakan document.getElementById kita juga dapat menggunakan document.getElementByName, tidak jauh berbeda penggunaannya dengan document.getElementById. Contohnya adalah sebagai berikut :





Kita juga dapat menggunakan array untuk memudahkan proses pemasukan data, Contohnya adalah sebagai beikut :






Selain dengan menggunakan document.getElementById dan document.getElementByName kita juga dapat menggunakan document.getElementByTagName, tidak jauh berbeda penggunaannya dengan document.getElementById maupun document.getElementByNameContohnya adalah sebagai berikut :





Semua codingan diatas, saya menggunakan 1 file CSS yang digunakan untuk seluruh file pada pembahasan kita kali ini. Berikut adalah file CSS untuk pertemuan kali ini :



Cukup sampai disini dulu ya Guys pembahasan kita kali ini. Mohon maaf bila ada kesalah dalam pengetikan maupun penjelasan. See you next Guys!.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Komentar