Dasar - Dasar PHP (Pertemuan 19)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hello Guys, bertemu lagi dengan saya Salman Fauzan di postingan terbaru ini. Pembahasan kita kali ini akan membahasa tentang Dasar-Dasar PHP. Pertama-tama, kita harus menyiapkan xampp terlebih dahulu, setelah itu pastikan kalian menyalakan mySQL dan apache yang terdapat dalam xampp, nah untuk ngoding nya seperti biasa kalian dapat menggunakan Notepad++, sublime dan lain-lain, hanya saja file codingannya kita simpan di (C) -> xampp -> htdocs (zona anti spacebar / spasi). Dikarenakan disini kita tidak dapat menggunakan space, jadi kita harus memperhatikan pembuatan judul dan pada saat proses codingan. Tanda php didalam codingan diawali dengan <?php dan diakhiri dengan ?>.Nah, kita mulai saja pembahasannya.

1.Deskripsikan Variable
Nah kalau di PHP, kita bisa deskripsikan variable dimana saja, cara deskripsinya kita harus menggunakan tanda dollar($), disini enaknya kita tidak perlu mendeskripsikan tipe datanya karena kalau kita menggunakan ("...") maka akan terdeteksi sebagai string, jika kita mendeskripsikan int maka kita dapat menuliskan angkanya saja. Contohnya seperti ini :


2.Tipe Data Boolean
Sama halnya juga ketika kita mendeskripsikan tipe data boolean, kita hanya perlu mendeskripsikan nama variable kemudian mendeskripsikan apakah TRUE atau FALSE. Contohnya seperti ini :


3. Penggunaan Single Quoted dan Double Quoted
Nah, disini kita akan membahasa perbedaan antara Single Quoted (') dan Double Quoted ("), jika kita menggunakan Single Quoted, maka ketika kita ingin menggunakan tanda (') untuk suatu kalimat didalam Single Quoted, maka kita harus menambahkan backslash (\) untuk memunculkan ('), jika kita menggunakan Double Quoted, kita tidak perlu menambahkan backslash (\) untuk memunculkan (') dalam codingan tersebut.
Berikut adalah contoh dari penggunaan Single Quoted :



Berikut adalah contoh dari penggunaan Double Quoted :



4.Penggunaan Heredoc
Heredoc adalah cara lain penulisan string pada PHP dimana kita tidak perlu melakukan escape (Menuliskan \) untuk setiap tanda Double Quotes yang kita tulis. Dengan heredoc, seolah-olah kita menulis string dengan Double Quotes. Berikut ini adalah contoh dari penggunaan Heredoc :


Nah, sekarang saya akan mencontohkan pembuatan Website sebuah biodata. Kalian dapat melihat hasilnya pada gambar dibawah ini :


Semua codingan diatas memakai CSS yang tertera dibawah ini :



Cukup sekian pembahasan kita kali ini, mohon maaf bila ada kesalahan dalam pengetikan maupun penjelasan. See you next !!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Komentar