Proses Input Output Dalam PHP (Pertemuan 20)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hello Guys, bertemu lagi dengan saya Salman Fauzan di postingan terbaru ini. Pembahasan kita kali ini kita masih akan membahas tentang seputar PHP. Nah, kita mulai saja pembahasan kita kali ini.

1. Penggunaan Post
Pembahasan pertama adalah tentang penggunaan Post, nah fungsi dari Post ini adalah untuk menampilkan hasil dari dokumen / file yang telah kita inputkan dalam form yang kita buat. Kita harus menggunakan form terlebih dahulu sebelum kita dapat menggunakan method Post ini. Penggunaannya cukuplah simple, kita hanya perlu menambahkan method = "post" action = "NamaFile.php" didalam file form yang kita buat. Nah untuk contohnya kalian dapat melihat gambar dibawah ini :





2. Penggunaan Get
Pembahasan kedua adalah tentang penggunaan Get, nah fungsi dari Get ini adalah untuk menampilkan hasil dari dokumen / file yang telah kita inputkan dalam form yang kita buat. Kita harus menggunakan form terlebih dahulu sebelum kita dapat menggunakan method Get ini. Penggunaannya cukuplah simple, kita hanya perlu menambahkan method = "get" action = "NamaFile.php" didalam file form yang kita buat. Nah untuk contohnya kalian dapat melihat gambar dibawah ini :





Nah, meskipun hasil output antara Post dan Get ini tidak jauh berbeda, jika kalian melihat lebih teliti pada kolom url dalam browser anda perbedaannya akan terlihat jelas antara Post dengan Get. Jika kita penggunakan Post, dokumen / file hasil inputan yang telah dikirim, tidak akan ditampilkan pada kolom url browser kita. Apabila kita menggunakan Get, dokumen / file hasil inputan yang dikirim akan ditampilkan pada kolom url browser kita.

Sekarang saya akan mencontohkan cara membuat form Registrasi dengan menggunakan method Post. Berikut adalah contoh dari form Registrasi yang telah saya buat.


Selanjutnya saya akan mencontohkan cara membuat sebuah form pembuatan Posting dengan menggunakan method Post. Berikut adalah contoh dari form pembuatan Postingan yang telah saya buat.


Dari semua codingan diatas, saya menggunakan file CSS yang tertera dalam codingan dibawah ini :


Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada kesalahan dalam pengetikan maupun kesalahan dalam penjelasan. See you Next!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Komentar