Fungsi Dalam PHP (Pertemuan 26)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hello Guys, bertemu lagi dengan saya Salman Fauzan di postingan terbaru ini. Pembahasan kita kali ini kita masih akan membahas tentang seputar PHP. Kali ini kita akan membahas seputar Fungsi dalam PHP, langsung saja kita mulai pembahasannya.

Fungsi adalah satu blok kode yang melakukan tugas tertentu atau satu blok instruksi yang di eksekusi ketika dipanggil dari bagian lain dalam suatu program.

Tujuan Fungsi adalah untuk memudahkan user dalam membuat sebuah program. Jadi user hanya harus mendeklarasikan fungsinya tersebut terlebih dahulu, kemudian user hanya tinggal memanggil fungsi yang akan digunakan tersebut kedalam sebuah program.

Bentuk umum fungsi :

function nama_fungsi(parameter) {

  //isi fungsi

  return variable // memanggil variable yang telah dideklarasikan didalam parameter
}

Terdapat berbagai macam jenis syntax fungsi didalam php, untuk lebih jelasnya kalian dapat mencarinya di google. Kali ini saya hanya akan meneraangkan beberapa jenis fungsi dari sekian banyaknya fungsi yang tersedia didalam php.

1. Fungsi Buatan
Nah, maksud dari fungsi buatan itu adalah sebuah fungsi yang kita buat sendiri nama variablenya. Misalnya adalah fungsi untuk menampilkan identitas seseorang, kemudian menghitung umurnya menggunakan fungsi. Untuk lebih jelasnya kalian dapat melihat codingan dibawah ini :



Dari codingan diatas, saya membuat 2 jenis fungsi. Fungsi yang pertama adalah untuk menampilkan identitas seperti nama kelas dan alamat. Fungsi yang kedua adalah untuk menghitung umur user yang telah di-inputkan Hasilnya seperti ini :


2.Fungsi Date
Dalam contoh yang kedua, disi saya menggunakan syntax fungsi yang terdapat dalam php. Kita hanya perlu memanggil kode / nama variable fungsi yang telah disediakan didalam php. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat melihat codingan di bawah ini :
Hasilnya seperti ini :


Selanjutnya, saya akan mencontohkan pembuatan fungsi dalam php. Yaitu adalah program untuk mengkonversi mata uang. Karena disini saya menggunakan kurs mata uang yang terkini, jadi hasil dari konversinya tidaklah bilangan bulat, namun bilangan koma. Nah langsung saja kalian dapat melihat hasilnya seperti gambar dibawah ini :


Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penjelasan maupun pengetikan. See You Next!!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Komentar